Senin, 17 Januari 2011

NABI LUTH عليه السلام KAUM SODOM & LAUT MATI


Luth عليه السلام adalah salah satu rasul, akan tetapi bukan termasuk ulul azmi. Allah سبحانه وتعلىmengutusnya pada masa pengutusan pamannya, yaitu Ibrahim عليه السلام Allahسبحانه و تعلى berfirman :

فأمن له لوط وقال إنى مها جر إلى ربى إنه هوالعزيزالحكيم (26)
''Maka Luth membenarkan (kenabian) nya, dan berkatalah Ibrahim : ''Sesungguhnya aku akan berpindah ke (tempat yang di perintahkan ) Tuhanku (kepadaku); sesungguhnya Dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.'' (QS. Al-Ankabut: 26).

Luth عليه السلام bertempat tinggal di Al-Khalil (Hebron), Palestina bersama pamannya, Ibrahim عليه السلام. Kemudian Allah mengangkat Luth sebagai Nabi dan mengutusnya ke wilayah al-Multafikat yang terdiri dari 5 kota besar ; yang terbesar adalah Sodom (Sadum), kemudian 'Amud , kemudian Arum , kemudian Sha'ur , kemudian Shabu r. Maka Luth عليه السلام menuju kota Sodom (Sadum) yang terletak di wilayah Al-Ghur, Yordania , di tempat Laut Mati ( al-Bahar al-Mayyit, dead sea ) yang di kenal sekarang ini.

Para ahli sejarah menyebutkan bahwa penduduk kota-kota ini berjumlah kurang lebih 400 ribu jiwa. Penduduk Sodom (Sadum) memiliki prilaku ganjil dan kebiasaan mungkar yang bertentangan dengan fitrah yang sehat. Nabiyullah Luth عليه السلام tidak ada hubungan nasab dengan penduduk setempat yang dikemudian hari mereka di sebut dengan K a u m L u t h.

Mereka melakukan penyimpangan seksual, yaitu melakukan hubungan homo seksual.
Allah سبحانه و تعلى berfirman:

ولو طا إذقال لقومه ، أتأ تون الفحشة ماسبقكم بها من أحدمن العلمين (80)

إنكم لتأ تون الرجال شهوةمن من دون النسآ ء بل أنتم قوم مسرفون (81)

'' Dan (Kami juga telah mengutus) Luth (kepada kaumnya) . (ingatlah) tatkala Dia berkata kepada mereka: '' Mengapa kamu mengerjakan perbuatan faahisyah itu , yang belum pernah dikerjakan oleh seorangpun (di dunia ini) sebelumu ?'' Sesungguhnya kamu mendatangi lelaki untuk melepaskan nafsumu (kepada mereka), bukan kepada wanita, malah kamu ini adalah kaum yang melampaui batas.'' (QS. Al-A'raf: 80-81 )

Luth عليه السلام mulai berdakwah kepada kaumnya, mengajak mereka untuk beribadah kepada Allah semata yang tidak ada sekutu bagi Nya . Ia perintahkan mereka untuk meninggalkan perbuatan keji dan mungka. Dan ketika Luth عليه السلام terus menerus mengajak mereka seraya menjelaskan bahayanya sikap bengal dan bandel mereka dengan terus mengikuti jalan hidup yang menyimpang tersebut , ternyata mereka menjawab:

قالو الئن لم تنته يلوط لتكونن من المخرجين (167)

''Mereka menjawab : '' Hai...! Lut , sesungguhnya jika kamu tidak berhenti , benar-benar kamu termasuk orang-orang yang di usir.'' (QS. As-Syu'ara : 167)

Sebagaimana mereka juga memutuskan untuk mengusir Luth عليه السلام setelah mereka merasa jengah dan marah terhadap aksi dakwah yang di lakukannya.

فما كان جواب قومه، إلا أن قالوا أخرجوا ءال لوط من قريتكم إنهم أنا س يتطهرون (56)

''Maka tidak lain jawaban kaumnya melainkan mengatakan: '' Usirlah Luth beserta keluarganya dari negrimu; karena sesungguhnya mereka itu orang-orang yang (menda'wahkan dirinya ) bersih.'' (QS. An-Naml : 56 ).

BAGAIMANA ALLAH MEMBINASAKAN KAUM LUTH عليه السلام
(KAUM SODOM)

Luth عليه السلام melanjutkan kegiatan dakwahnya, tiada bosan ia nasehati kaumnya agar mau beribadah kepada Allah saja tanpa menyekutukan Nya dengan apapun. Ia melarang mereka dari perbuatan keji dan mungkar, hingga akhirnya Allah سبحانه و تعلى menimpakan siksa Nya, tetapi mereka tetap sombong dan congkak. Mereka berkata:

أئنكم لتأ تون الرجال وتقطعون السبيل وتأ تون فى ناديكم المنكر فما كان جواب قومه ، إلا أنقالوا ائتنا بعذاب الله إن كنت من الصدقين ، (29)

'' Apakah sesungguhnya kamu patut mendatangi laki-laki , menyamun dan mengerjakan kemungkaran di tempat-tempat pertemuanmu ? Maka jawaban kaumnya tidak lain hanya mengatakan :
''Datangkanlah kepada kami azab Allah , jika kamu termasuk orang-orang yang benar.'' (Qs. Al-Ankabut : 29 ).

Mereka malah menantang agar di turunkan siksa pedih kepada mereka . Saat itulah Luth عليه السلام berdo'a memohon kepada Allah سبحانه وتعلى agar menolong dirinya atas kaumnya yang merusak dan agar menimpakan siksa Nya kepada mereka.
Allah سبحانه وتعلى cemburu dengan kecemburuan Luth عليه السلام , Allah murka dengan murkanya, maka Dia pun mengabulkan permintaan Nabi Nya. Allah mengutus malaikat-malaikat besar lagi perkasa untuk membalikan negri mereka , bagian bawah menjadi diatas dan sebaliknya. Para ulama tafsir menyebutkan bahwa di antara malaikat ini terdapat Jibril عليه السلام, Mikail عليه السلام, dan Israfil عليه السلام.
Rombongan malaikat melewati negri Ibrahim عليه السلام. Mereka sampaikan kabar gembira kepadanya bahwa ia akan segera mendapatkan anak laki-laki, dan mereka juga memberitahukan bahwa mereka sedang mengemban tugas menuju ketempat kaum Luth, karena Allah سبحانه وتعلى memerintahkan untuk membinasakan kampung Sodom yang banyak melakukan keji.

قال فما خطبكم أيها المرسلون (31)
قالوا إناأرسلنا إلى قوم مجرمين (32)
لنرسل عليهم حجا رةمن طين (33)
مسومة عند ربك للمسرفين (34)

'' Ibrahim bertanya : '' Apakah urusanmu....hai para utusan...? '' mereka menjawab: '' Sesungguhnya kami di utus kepada kaum yang berdosa (kaum Luth) , agar kami timpahkan kepada mereka batu-batu dari tanah, yang di tandai di sisi Tuhanmu untuk membinasakan orang-orang yang melampaui batas.'' (QS. Ad-Dzariyat : 31-34)

Ibrahim عليه السلام menghawatirkan keponakannya, jika tanah mereka benar-benar dibalik. Jangan-jangan keponakannya ikut celaka. Maka ia pun segera mendebat para malaikat dan berkata:

'' Sesungguhnya di tempat tersebut ada Luth ?'' Maka mereka memberitahukan kepadanya bahwa Allah سبحانه وتعلى akan menyelamatkannya, juga kaum mukminin pengikutnya , dari siksa yang akan di timpahkan kepada kaum ahli maksiat tersebut.

ولما جاءت رسلنا إبرهيم بالبشرى قالوا إنا مهلكوا أهل هذه القرية إن أهلها كانوا ظلمين (31)
قال إن فيها لوطا، قالوا نحن أعلم بمن فيها لننجينه، إلا امرأته، كانت من الغبرين (32)

''Dan tatkala utusan Kami (para malaikat ) datang kepada Ibrahim membawa kabar gembira , mereka mengatakan : '' Sesungguhnya kami akan menghancurkan penduduk (Sodom) ini; sesungguhnya penduduknya adalah oran-orang yang zalim .'' Berkata Ibrahimm : Sesungguhnya di kota itu ada Luth. ''para malaikat berkata : '' Kami lebih mengetahui siapa yang di kota itu. Kami sungguh-sungguh akan menyelamatkan dia dan pengikut-pengikutnya kecuali isteri nya . Dia adalah termasuk orang-orang yang tertinggal (di binasakan) . '' (QS. Al-Ankabut: 31-32).

Ketika Jibril عليه السلام dan Malaikat yang bersamanya sampai di negri Sodom , saat itu mereka muncul dalam rupa para pemuda tampan sebagai ujian bagi mereka, juga untuk menegakkan hujah. Segera mereka menuju ke rumah Luth عليه السلام tanpa memberi tahukan siapa sejatinya mereka, juga tugas apa yang tengah mereka emban. Ketika istri Luth عليه السلام melihat pemuda-pemuda tampan ini, serta merta ia menghambur ke orang -Orang menyampaikan perihal kedatangan mereka. Segera kaum Luth عليه السلام mendatangi rumah itu untuk meminta para pemuda tampan agar mereka bisa melampiaskan nafsunya. Luth عليه السلام sangat mengkhawatirkan nasib tamu-tamunya, maka Luth عليه السلام segera mengingatkan kaumnya, mengingatkan mereka kepada Allah سبحانه وتعلىdan meminta mereka untuk memuliakan para tamu, akan tetapi tetap tidak ada gunanya. Luth عليه السلام masuk rumah dengan marah, ia menutup rapat pintu rumahnya, sementara para tamunya tetap diam dengan tenang. Hal ini membuat Luth عليه السلام keheranan melihat ketenangan mereka . Ketukan pintu dengan keras semakin menjadi-jadi , maka Luth عليه berteriak di ambang asa:

قال لو أن لى بكم قوة أو ءاوى إلى ركن شديد (80)
'' Seandainya aku ada mempunyai kekuatan (untuk menolakmu) atau kalau aku dapat berlindung kepada keluarga yang kuat(tentu aku lakukan).'' (QS. Hud : 80 )

Ia berharap memiliki kekuatan yang bisa mengusir kaumnya agar tidak mengganggu tamunya. Ia berharap, seandainya ia memiliki keluarga yang kuat yang bisa ia jadikan tempat berlindung. Luth عليه السلام lupa karena sebegitu hebatnya tekanan yang ia rasakan , serta kesulitan yang ia hadapi bahwa sebenarnya ia telah berlindung kepada benteng yang kokoh , yaitu benteng perlindungan Allah سبحانه وتعلى yang tidak akan membiarkan para Nabi dan Wali Nya .

Pada detik-detik yang mendebarkan ini, akhirnya para tamu yang sebenarnya adalah para Malaikat, memberitahukan kepada Luth عليه السلام , siapa sebenarnya mereka dan tugas apa yang sedang di emban. Mereka memberi tahukan bahwa kaumnya tidak akan bisa menyentuh para tamu, kemudian memerintahkan agar ia keluar dari tempat itu bersama keluarganya di malam hari sebelum pajar datang. Mereka memberitahukan bahwa esok diwaktu subuh adalah akhir dari kaumnya, dan mereka menjanjikan keselamatan kepada Luth عليه السلام dan keluarganya , kecuali istrinya yang kafir itu, yang kecondongannya selalu bersama kaumnya.
Allah سبحانه وتعلى berfirman:
ولما أن جاءت رسلنا لوطاسى ءبهم وضاق بهم ذرعا وقالوا لا تخف ولاتحزن إنا منجوك وأهلك إلا امرأتك كا نب من الغبرين (33)
إنا منزلون على أهل هذه القرية رجزا من السمآء بما كانوا يفسقون (34)

''dan tatkala datang utusan-utusan Kami (para malaikat) itu kepada Luth, dia merasa susah dengan (kedatangan) mereka, dan (mersa) tidak mempunyai kekuatan untuk melindungi mereka dan mereka berkata: ''Janganlah kamu takut dan jangan (pula) susah. Sesungguhnya kami akan menyelamatkan kamu dan pengikut-pengikutmu, kecuali istrimu, dia adalah termasuk orang-orang yang tertinggal (di binasakan).'' Sesungguhnya kami akan menurunkan azab dari langit atas penduduk kota ini karena mereka berbuat fasik.'' (QS. Al- Ankabut :33-34)

Kemudian Jibril عليه السلام bangkit dan mengisyaratkan dengan tangannya secepat kilat, tiba-tiba kaum Luth tidak bisa melihat, itu dilakukan agar Luth عليه السلامdan keluarganya bisa keluar tanpa satupun dari kaumnya bia memergokinya . Para malaikat menyampaikan kepada Luth عليه السلامdan keluarganya , bahwa mereka akan mendengar suara-suara menakutkan yang menggoncang-goncangkan gunung . Maka jangan sampai ada yang melihat (menoleh) kebelakang agar tidak takut mengalami apa yang di timpakan kepada kaum Luth.
سبحان الله
S U B H A N A L L A H...! Adzab macam apakah ini ...? Sebuah adzab yang aneh, hingga orang bisa terkena imbasnya hanya dengan menoleh dan melihat kepadanya !
Luth عليه السلام keluar bersama para putri dan istrinya mereka berjalan di waktu malam. Ketika subuh segera datang , waktu itu Luth dan rombongan telah jauh dari tempat kaumnya, datanglah perintah Allah Ta'ala. Jibril عليه السلام segera mencerabut tempat kaum Luth dengan ujung sayapnya yang jauh menghujam ke bumi , kemudian ia angkat hingga ke langit , sampai-sampai para malaikat mendengarkan teriakan ayam dan lolongan anjing -anjing kaum Luth , lalu
Jibril عليه السلام membalikan kelima atau tujuh kota kaum Sodom tersebut dan melemparkannya dengan keras ke bumi. Tidak cukup sampai disini, pada waktu kota kaum sodom meluncur deras ke bumi, langitpun menghujani mereka dengan bebatuan dari neraka jahanam, batu yang keras dan kuat yang saling susul menyusul , batu-batu yang telah di beri tanda nama-nama mereka dan di tetapkan untuk melempari mereka. Hujan batu dari neraka itupun terus mendera mereka. Kaum Luth benar-benar binasa. Tidak satupun yang tersisa dari mereka. Kota Sodom yang terbalik itu dibenamkan hingga amblas kedalam bumi, hingga mata air deras keluar (saking dalamnya) , dan.....kota mereka benar-benar telah lenyap!
Luth عليه السلام mendengar suara-suara gaduh yang menggidikan. Ia selalu ingat dan takut jika menoleh kebelakang. Akan tetapi istrinya yang penasaran menoleh dan melihat ketempat sumber suara, maka tiba-tiba tubuhnya menggelontor , daging tubuhnya rontok dan tercabik-cabik seperti tiang besi yang leleh akibat terpanggang api.
Lokasi yang dulu di tempati kaum Sodom , di jadikan Allah sebagai danau yang busuk baunya , pemandangan, rasa dan aroma yang buruk . Allah jadikan tempat itu jalan bagi para pelancong baik siang maupun malam. Allah Subhanahu Wata'ala berfirman:

و إنكم لتمرون عليهم مصبحين (137)
وباليل أفلا تعقلون (138)

'' dan sesungguhnya kamu (hai penduduk Makkah) benar-benar akan melalui (bekas-bekas ) mereka di waktu pagi , dan diwaktu malam. Maka apakah kamu tidak memikirkan ? '' ( QS. As-Shaffat: 137-138 )

Demikianlah akhir lembaran kaum Luth . Setelah kota mereka di lenyapkan , nama mereka di hapus dari muka bumi. Mereka berguguran dalam memori kehidupan dan makhluk hidup, dan lembaran sejarah mereka yang penuh kerusakan telah di lipat rapat . Selanjutnya Luth عليه السلام menuju ke tempat pamannya Ibrahim عليه السلام . Ia menceritakan kisah nasib kaumnya , tetapi ia terkejut karena Ibrahim ternyata telah mengetahuinya. Luth عليه السلام melanjutkan dakwahnya, seperti halnya Ibrahim عليه السلام melanjutkan dakwahnya . Keduanya menyebarkan islam di muka bumi ini.

TENTANG LAUT MATI
1. Sangat asin, terbilang sebagai lautan dengan kadar garam paling tinggi, karena kadar garam di laut ini empat kali lipat dari kadar garam di lautan manapun di dunia.

2. Tidak ada binatang air yang mampu hidup bertahan oleh karena kadar garamnya yang sangat tinggi .

3. Kedalaman laut mati mencapai 417 m dari permukaan laut.

4. Orang-orang dari segala penjuru dunia datang menjambangi laut ini , sejak ribuan tahun lalu , dengan tujuan mencari obat dari airnya yang sangat kaya akan mineral dan bermanfaat untuk pengobatan.

5. Tanah liatnya berfungsi membersihkan kulit , di jual dengan harga tinggi.

6. Dari air dan tanah liat di ambil bahan untuk alat kecantikan kemudian di pasarkan ke seluruh dunia .

7. Orang yang berenang di laut mati tidak akan tenggelam , sekalipun sengaja ingin menenggelamkan diri. Sebabnya adalah kadar garam yang sangat tinggi, bahkan banyak orang yang berenang suka baca koran sambil telentang di atas air laut.

Catatan:
Air di Laut Mati terus menerus berkurang. Karena itu ada pemikiran untuk membuka terusan yang menghubungkan Laut Putih (Laut Tengah) dengan Laut Mati dari sebelah utara , dan Laut Merah dari sebelah selatan . Terusan ini di namakan QANATU AL-BAHRAIN (Terusan dua Laut), dinisbatkan kepada Laut Putih dan Laut Merah. Upaya ini dilakukan agar air di Laut Mati tidak habis dan kering.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar